Liga 1: Disikat Madura United, Persib Bandung Kena 'Comeback'

By ommed


nusakini.com - Persib Bandung gagal mempertahankan keunggulan setelah dipaksa menelan kekalahan 3-1 dari Madura United pada pekan kedua Liga 1 2022/23 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (30/7) sore WIB.

Hasil itu membuat Persib belum mendapatkan kemenangan dalam dua pertandingan pertama. Mereka berada di peringkat 12 klasemen sementara, karena baru mengoleksi satu poin. Sedangkan Madura United kukuh di puncak dengan nilai enam.

Pelatih Robert Rene Alberts membuat kejutan dengan memasukkan nama Ciro Alves ke dalam daftar susunan pemain setelah sembuh dari cedera patah tulang. Alves diturunkan pada menit ke-87.

Pertandingan antara Persib dan Madura United sudah berlangsung ketat sejak wasit meniup peluit kick-off. Kedua tim memperlihatkan permainan terbuka agar bisa mengungguli lawannya masing-masing.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api bergemuruh ketika Persib berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-17. Umpan Frets Butuan dari sisi kiri serangan diselesaikan David Da Silva lewat tendangan di depan kotak penalti.

Madura United tersentak dengan gol itu, dan memberikan respons untuk menyamakan kedudukan. Hanya saja, serangan yang dibangun dapat dipatahkan barisan belakang tim tuan rumah.

Peluang diperoleh Madura United pada menit ke-32 melalui Fachruddin Aryanto dua kali berturut-turut. Menyambut sepak pojok, Fachruddin menanduk bola, tapi dapat ditepis kiper Fitrul Dwi Rustapa. Bola muntah kemudian kembali disambar kepala Fachruddin, kali ini membentur mistar gawang.

Madura United tidak mengendurkan serangan dengan menekan pertahanan Persib. Walau begitu, upaya mereka untuk menyamakan kedudukan tidak membuahkan hasil hingga babak pertama usai.

Laskar Sape Kerrab langsung tancap gas di awal babak kedua untuk mengejar defisit satu gol. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-60 melalui gol Luiz 'Lulinha' Dos Reis.

Gol tersebut menaikkan motivasi Madura United untuk melanjutkan tren positif di awal musim. Mereka akhirnya membalikkan keadaan di menit ke-68 setelah Pedro Henrique membawa Madura United unggul 2-1.

Persib makin tertekan dengan kondisi tertinggal. Bahkan mereka justru makin tertinggal pada menit ke-82 ketika Hugo Gomes menuntaskan tugasnya sebagai algojo penalti yang membuat skor berubah menjadi 3-1. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Fitrul kepada Lulinha. Skor ini bertahan hingga pertandingan berakhir. (gi/om)